Thursday 28 April 2016

12 Jenis Paragraf dan contohnya

Udah lama nih ga ngepost sejak dua tahun yang lalu. baiklah ga usah ada panjang lebar ya. kali ini saya bakal ngepos tentang 12 jenis paragraf. lets see



Deskriptif
Sepeda tua yang diparkir disamping rumah Adi itu adalah peninggalan dari neneknya. Besinya mungkin sudah tua bila dipandang, namun hampir tidak ada karat satupun yang melekat. Modelnya seperti sepeda tahun abad ke-18, ini sangat berharga bagi Adi. 

Eksposisi
Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang merupakan warisan nenek moyang dan sudah diakui oleh lembaga UNESCO  November tahun 2010.

Persuasi
Batu Tampaning adalah batu akik khas dari Kabupaten Soppeng yang memiliki keunikan berupa warna yang mirip dengan sari kelapa. Harga dari batu Tampaning ini terbilang murah berkisar Rp. 300.000,- untuk sebuah bongkahan. Jangan lewatkan koleksi Anda tanpa Batu Tampaning. 

Argumentasi
Gerakan radikal memang seharusnya dibumihanguskan oleh pemerintah dari tanah Indonesia, karena tentu saja gerakan ini akan mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. 

Narasi
Pergilah Andi ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Khusus-Umum
Wajah berminyak adalah suatu kendala bagi para remaja. Apabila seorang remaja mengetahui dirinya mengalami wajah berminyak kepercayaan dirinya akan berkurang. Sehingga sering canggung atau grogi saat berada di tempat umum. Wajah berminyak dapat disebabkan oleh suhu udara dan juga tingkat aktivitas maupun alasan genetik

Umum-Khusus
Oleh sebab itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Karena, jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerjanbakti sangat penting di lingkungan sekolah.

Sebab akibat
Kemarau tahun ini terjadi sangat lama. Sumur, sungai, bahkan danau telah mengering. Selain itu, tanah di sekitar persawahan juga retak-retak. Semua tanaman yang ada di sana tak terkecuali padi mati dan mengering. Petani bahkan tidak sempat lagi untuk memanennya. Akibatnya, tahun ini petani mengalami kerugian yang sangat besar.

Akibat – Sebab
Cuaca saat ini menajdi semakin panas. Bahkan kita tidak bisa lagi memprediksi datangnya musim karena sudah tidak pasti lagi kapan datangnya. Cuaca yang sangat panas ini diikuti oleh melelehnya gunung – gunung es yang ada di kutub utara sehingga menaikan volume permukaan air laut. Hal ini sungguh sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Tetapi bagian ironisnya adalah bahaya – bahaya tersebut, disebabkan oleh perilaku manusia sendiri yang memicu terjadinya global warming.

Analogi
Adanya 2 atau lebih hal yang dibandingkan secara bergantian. Hal yang dibandingkan tersebut bisa berbentuk obyek atau pun hal yang abstrak seperti kejadian, proses, ataupun keadaan. Dan yang paling penting adalah tingkat kesetaraan antara hal pembanding tersebut haruslah seimbang.

Generalisasi
Buah kelapa dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang segar. Tak hanya buahnya, kayu pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Sedangkan pelapahnya dapat dijadikan sapau ijuk. Bahkan akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Retoris 

Untuk apa kita berperang, bukankah sebaiknya kita berdamai?

No comments:

Post a Comment